Rabu, 02 Desember 2015

Manfaat Minum Air Putih

Kadang kita malas untuk minum, misalnya saat bekerja di kantor. Hindarilah hal tersebut, karena tubuh kita sangat membutugkan air.


Hindari Dehidrasi!
Jangan tunggu sampai rasa haus datang untuk meneguk segelas air. Karena ketika Anda sudah merasa haus, besar kemungkinan Anda sudah mengalami sedikit dehidrasi!
Lebih jauh lagi, semakin bertambah umur maka semakin sedikit kemampuan tubuh Anda untuk menandai dehidrasi dan mengirim sinyalnya ke otak, Satu lagi, rasa haus berlebihan dan peningkatan frekuensi buang air kecil bisa merupakan pertanda kondisi medis yang serius, Segera hubungi dokter jika Anda mengalaminya.
Untuk menghindari dehidrasi dan memastikan tubuh Anda mendapat cairan yang dibutuhkan, jadikan air putih sebagai pilihan minuman dan ikuti beberapa tip ini:
✓ Minum segelas air setiap makan dan antara waktu makan. “Atau biasakan meneguk air setiap jam.” saran Dr. Jeffrey.
✓ Minum sebelum, saat dan setelah berolahraga.
✓ Dalam acara sosial, hang out, atau arisan pilihlah air putih.
Minum air putih sblm tidur.. 

"Sekitar 90% dari serangan jantung terjadi saat dini hari dan resiko ini bisa dikurangi dengan meminum satu atau dua gelas air putih sblm tidur di malam hari"
Tapi ingat fakta unik ini: Meski sangat jarang, masih ada kemungkinan Anda akan menderita kelebihan minum! Kondisi ini terjadi jika ginjal Anda tidak mampu untuk membuang kelebihan asupan air, menyebabkan kandungan mineral dalam darah melemah dan level sodium darah menurun. Kondisi ini disebut hyponatremia. Atlet lari jarak jauh biasanya rentan terkena hyponatremia.

Jika anda cukup sulit / malas minum air putih coba biasakan minum air putih diwaktu yang disarankan sebagai berikut :
  • 1 gelas air putih ketika bangun tidur - membantu mengaktifkan organ2 dalam.
  • 1 gelas air putih 30 menit  sebelum makan - membantu pencernaan
  • 1 gelas air putih sebelum mandi - membantu menurunkan tekanan darah.
  • 1 gelas air putih sebelum tidur - menghindarkan dari stroke dan serangan jantung.



Berikut ini 7 manfaat dahsyat minum air putih di pagi hari. :

  1. Selalu Tampil Awet Muda. Faktanya, minum air putih di pagi hari sangat efektif membuang dan membersihkan racun yang berada di darah melalui keringat dan urine. Sehingga tubuh akan lebih sehat dan segar sepanjang hari. 
  2. Peremajaan Otot Dan Sel-Sel Darah Anda. Minum air putih di pagi hari bermanfaat untuk memperbaharui organ otot serta seluruh sel darah di tubuh. 
  3. Penyeimbang Sistem Getah Bening. Saat sistem getah bening dapat bekerja dengan optimal, maka tubuh akan memiliki kekuatan lebih untuk melawan infeksi yang dapat menganggu kualitas kesehatan tubuh yang anda miliki.
  4. Memperlancar Buang Air Besar. Bagi seseorang yang mengalami sembelit atau susah buang air besar di pagi hari, maka sebaiknya minum air putih saat bangun tidur yang mana bertujuan untuk membantu melancarkan buang air besar tersebut.
  5. Mengontrol Berat Badan Tubuh. Berat badan yang ideal merupakan impian setiap orang. Bagi anda yang ingin menyesuaikan berat badan yang proporsional, maka mulailah mencukupi kebutuhan air putih di pagi hari.  
  6. Miliki Usus Besar Yang Sehat. Usus besar merupakan salah satu organ di sistem pencernan kita. Dengan minum air putih di pagi hari. akan berdampak positif untuk kesehatan usus besar. Sehingga penyerapan nutrisi makanan dapat berjalan dengan baik pula. 
  7. Organ Ginjal Yang Lebih Sehat. Mencukupi kebutuhan asupan air putih di pagi hari dapat membantu meringankan kerja organ ginjal sekaligus menjaga kesehatan organ ginjal tersebut.

Faktor Yang Memengaruhi Asupan Air Per Hari
Manusia itu unik, kondisi setiap orang berbeda-beda. Untuk itu kadang kebutuhan bagi semua orang tak bisa dipukul rata begitu saja. Delapan gelas per hari adalah kebutuhan air dalam sehari. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengatur total kebutuhan air minum per hari.
1. Doyan Olahraga
Bila Anda berolah tubuh atau melakukan aktivitas fisik yang menguras keringat, maka perlu minum air lebih banyak guna mengganti cairan yang terbuang lewat keringat. Satu hingga dua gelas cukup buat mengganti cairan yang hilang dari keringat. Dengan catatan olah tubuh yang Anda lakukan singkat. Bila yang Anda lakukan adalah jenis olah tubuh yang berat dan memakan waktu lebih dari satu jam, wajib minum lebih banyak. Bahkan ada baiknya Anda juga mengasup sport drink.
2. Kondisi Cuaca
Cuaca panas dan lembap menyebabkan Anda banyak berkeringat. Itu berarti tubuh membutuhkan air dalam jumlah yang lebih banyak. Selain itu, jika Anda sering menghabiskan waktu dalam ruangan ber-AC juga wajib banyak minum. Udara dingin selain membuat kulit kering juga meningkatkan frekuensi buang air kecil dan membuat napas Anda lebih berat dan dalam. Kondisi ini juga berlaku bagi mereka yang tinggal di daerah berketinggian 2500 meter di atas permukaan laut.
3. Sedang Sakit
Saat Anda sedang terserang demam atau muntaber tubuh kehilangan banyak cairan dan kondisi ini mewajibkan Anda mengasup lebih banyak air lagi. Bahkan dokter akan menyarankan meminum oralit guna menggantikan cairan yang banyak keluar. Kondisi lain yang mengharuskan Anda meneguk air lebih banyak dari yang diharuskan bila terjadi infeksi pada kandung kemih, atau terdapat batu dalam kandung kemih Anda. Akan tetapi di lain pihak, kondisi seperti gagal jantung atau tumor ginjal, justru membuat pengidap harus mengurangi asupan air. “Penderita penyakit ginjal yang parah harus menghitung asupan air per hari. Karena jika berlebihan malah bisa mengalami keracunan air,” papar Dr. Jeffrey.
4. Wanita Hamil & Menyusui
Wanita dalam masa ini membutuhkan lebih banyak air, bahkan The Institute of Medicine menyarankan bagi wanita hamil sebanyak 2,5 liter atau 10 gelas per hari. Sedangkan bagi wanita menyusui, disarankan meneguk air minum perhari sebanyak 3,1 liter atau setara dengan 13 gelas.

Santap Makanan Berair
Rata-rata, makanan mampu menyediakan 20% kebutuhan air Anda. Ambil contoh semangka dan tomat yang mengandung air 90% dari beratnya. Selain air putih, jenis minuman lain seperti susu, jus, atau bahkan wine dan kopi, bisa menjadi sumber air. Meski memang tidak boleh menjadi sumber utama asupan air Anda. Air putih yang terbaik karena tidak mahal, bebas kalori dan lebih mudah didapat.

Air Tanah vs Air PAM
 
Standar air bagi perusahaan air minum seluruh dunia itu sama. “Perusahaan Air Minum punya standar ketat batas ambang logam berbahaya apabila setelah dimasak aman untuk diminum,” urai Dr Jeffrey. Permasalahannya aturan tersebut tidak sama buat air tanah yang digali sendiri. “Rumah kita tidak selebar lapangan bola dimana kita menggali air tanah tak jauh dari situ terdapat septic tank jadi tidak terjamin kebersihannya,” tambah Dr Endang Darmoutomo, SpGK.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

 
My Melody Crying